Pengunaan kata going to dan will

Pengunaan kata going to dan will


A.    He is going home
B.    He will go home
C.    He wants to go home
D.    He is going to write a letter
Coba perhatikan empat kalimat diatas. Keempat kalimat tersebut memiliki persamaan dan perbedaan yang lumayan tipis, mari kita bahas satu persatu.

A. Kalimat ini menyatakan, bahwa dia pulang; bahwa dia dalam keadaan menuju rumahnya, sekarang atau sebentar lagi, atau tidak lama lagi. Jadi ini menyatakan suatu perhtiwa, suatu kejadian, dan kalimat berita.

B. Kalimat ini menyatakan, bahwa dia akan pulang. Misalnya Ida memanggil Tati untuk mengawaninya pada suatu tempat/pesta. Di situ ada Umar. Tati tidak senang pada Umar. Tati mau mengawani Ida asal Umar tidak ada di tempat itu. Ida mengatakan kepada Tati misalnya: Engkau mengawanfleu di sini, engkau tidak usah malu kepada Umar. Dia (toh) akan pulang. Kalimat terakhir bunyinya: He will go home. Jadi menyatakan suatu peristiwa yang akan dilakukan dalam Future.

C.      Dalam hal ini misalnya seorang anak kecil (laki-laki) diajak mertamu, oleh ayahnya. Sudah berjam-jam ayahnya mengobrol. Anak kecil itu mengajak ayahnya pulang, karena tidak merasa bebas, dan kesal. Ayahnya masih mau mengobrol. Kemudian anak itu menangis. Tuan rumah bertanya mengapa dia menangis. Ayahnya menjawab: He wants to go home. Artinya: Dia mau pulang. Berarti: dia punya keinginan bear untuk pulang. Hal ini dinyatakan oleh kata want.

D.      Dalam hal ini: is going berarti: ada/punyankt, atau berniat, atau punya rencana, dan pasti akan dilakukan tidak lama lagi. Dan selalu harus diikuti oleh kata penghubung to. Kalimat seluruhnya berarti: Dia akan/ mau menulis sebuah surat.

Contoh kalimatnya.
What are you going to do? — Kau ada niat berbuat apa?
What are they going to do - Mereka ada niat (atau: berniat) akan with the child?  berbuat apa dengan anak itu?

Nah, bagaimana, jelas tidak?
komen yah...

Artikel Terkait Pengunaan kata going to dan will :

Label