Label:
Soal SMP,
Soal SMP Kelas 7,
Soal SMP Kelas 7 PKN
Soal dan Jawaban Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) 2 PKN SMP Kelas VII (Part 3)
31 Manifestasi keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah .. ..
A bertakwa C. bertawakal
B. beragama D. taat beribadah
32 Memaksakan keinginan pribadi kepada orang lain bertentangan dengan Pancasila, khususnya sila ....
A. kedua C. keempat
B ketiga D. kelima
33 Salah satu unsur penyebab rusaknya kerukunan hidup antarumat beragama adalah ...
A saling memperolok ajaran agama
B. saling memperhatikan sikap ketakwaannya
C toleransi yang berlebihan sesama agama
D selalu berlomba-lomba dalam kebaikan
34. salah satu contoh sikap hidup rukun antarumut baragama di Indonesia adalah ...
A menghormati umat agama lain saat melaksanakan ibadah
B. memecahkan masalah agama bersama
C. membatasi diri dalam pergaulan dengan pemeluk agama lain
D. mendirikan organisasi keagamaan bersama
35. Sebagai pengurus OSIS, diusahakan dalam setiap mengambil keputusan untuk suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, hendaknya terlebih dahulu ...
A meminta pendapat semua anggota dalam suatu musyawarah
B. mengambil kebijaksanaan sendiri untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya
C. meminta saran dari pengurus OSIS
D. meminta pendapat dari teman-teman
36. Perwujudan musyawarah di lembaga DPR/MPR dapat terlihat.... A ketika memilih anggota DPR/MPR
B. ketika mengajukan rencana Undang-undang
C. pada hasil-hasil keputusan sidang
D. proses pengambilan keputusan
37. Manfaat akal sehat dan hati nurani yang luhur dalam melaksanakan musyawarah adalah....
A merasa puas karena mampu mempertemukan dua pendapat yang berbeda
B. tidak ada pihak yang merasa ditinggalkan
C. merasa puas karena dapat ikut serta bermusyawarah
D. merasa puas karena setiap orang dihargai
38. Landasan yang digunakan dalam musyawarah untuk mencapai mufakat dalam lembaga MPR/DPR adalah....
A akhlak dan hati nurani
B. perasaan dan budi pekerti
C. moral dan materiel
D. akal dan moral
39. Pengambilan keputusan yang dilandasi akal sehat diwujudkan dengan sikap yang mengutamakan....
A agar setiap orang dapat menyampaikan pendapatnya
B, hasil pemikiran golongan masyarakat yang berkuasa
C, keutuhan kita sebagai bangsa serta kepentingan rakyat
D, menjunjung tinggi keinginan peserta musyawarah
40. Salah satu cara untuk menumbuhkan kepekaan terhadap penderitaan sesama ialah dengan menanamkan sikap....
A sayang terhadap orang lain agar orang lain menyayangi kita
B. rela memberi pertolongan pada orang lain melebihi kemampuan kita
C. mencintai sesama manusia seperti mencintai dirinya sendiri
D. suka memberi pertolongan pada orang lain agar dapat mandiri
II. Uraian
41 Sebutkan 3 ciri orang yang suka bekerja keras dalam kehidupannya sehari-hari!
42. Tuliskan pengertian takwa dan alasan pentingnya manusia bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa!
43. a. Apakah yang dimaksud dengan sikap tenggang rasa?
b. Berikan 3 buah contoh sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari!
44. Dalam suatu musyawarah, terjadi perbedaan pendapat yang tajam sehingga keputusan secara musyawarah tidak mungkin terlaksana.
a. Bagaimanakah sebaiknya keputusan diambil?
b. Bagaimanakah sebaiknya sikap peserta terhadap keputusan tersebut?
45 Berikan 2 contoh perilaku siswa yang mencerminkan nilai-nilai gotong rotong di sekolah!
Jawaban Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) 2 PKN SMP Kelas VII (Part 3)
31. Perwujudan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah teat beribadah
Jawaban: D
32. Sila keempat, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaran/perwakilan. Salah satu makna dari sila keempat adalah tidak diperbolehkan memaksakan keinginan pribadi kepada orang lain.
Jawaban: C
33. Memperolok ajaran agama, selain tidak sesuai dengan ajaran agama mana
pun. Juga merupakan salah satu unsur penyebab rusaknya kerukunan hidup antarumat beragama
Jawaban: A
34. Sikap tenggang rasa dapat membuat hidup rukun antarumat beragama di Indonesia, contohnya: menghormati umat agama lain saat melaksanakan ibadah.
Jawaban: A
35. Dalam musyawarah terdapat nilai kekeluargaan sehingga setiap keputusan yang diambil hendaknya terlebih dahulu meminta pendapat semua anggota dalam musyawarah tersebut.
Jawaban: A
36. DPR/MPR sebagai lembaga tinggi dan tertinggi negara dalam praktek menghidupkan musyawarah dapat terlihat dalam proses pengambilan keputusan
Jawaban: A
37. Akal sehat dan nurani yang luhur diperlukan dalam pelaksanaan musyawarah sebab apabila kita mampu mempertemukan dua pendapat yang berbeda dengan akal sehat dan hati nurani yang luhur, tentu akan merasa puas.
Jawaban: A
38. Akhlak dan hati nurani merupakan landasan yang digunakan dalam musyawarah untuk mencapai mufakat dalam lembaga DPR/MPR
Jawaban: A
39. Setiap keputusan yang dilandasi akal sehat selalu mengutamakan keutuhan kita sebagai bangsa dan mengutamakan kepentingan rakyat
Jawaban: C
40 Cara menumbuhkan kepekaan terhadap penderitaan sesama adalah dengan mencintai sesama manusia seperti mencintai diri sendiri.
Jawaban: C
II. Jawaban Soal Uraian
41. Tiga ciri orang yang suka bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari, adalah
1. mengerjakan pekerjaan apa saja asal bermanfaat
2. tidak suka berpangku tangan
3. peduli terhadap lingkungan dan milik umum.
42. Pengertian takwa dan alasan penting bertakwa terhadap Tuhan:
a. Takwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya
b. Alasan pentingnya bertakwa adalah dapat mendorong berbuat baik dan benar sehingga tercipta kehidupan yang harmonis
43. Tenggang rasa adalah sikap untuk mau dan dapat menghargai perasaan orang lain, b. Contoh sikap tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari:
1. tidak memaksakan kehendak pada orang lain
2. tidak menghina agama yang dianut orang lain
3. memberi kesempatan beribadah pada orang lain sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
44
a. Apabila tidak dapat diambil keputusan melalui musyawarah, keputusan dapat diambil melalui pemungutan suara
b. Hasil keputusan. baik melalui musyawarah maupun pemungutan suara, mengikat semua pihak. Oleh karena itu, harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
45 Dua contoh perilaku siswa yang mencerminkan nilai-nilai kegotongroyongan di sekolah adalah:
a. membantu menghapus papan tulis secara bergiliran
b. membantu ibu/bapak guru membawakan alat belajar-mengajar